FOTO : Fathul Wahid, S.T., M.Sc., Ph.D., saat menyampaikan sambutannya dihadapan para alumni FH pada acara 1001 Alumni FH UII Pulang Kampung ( Nisa’/ Tim)

TAMANSISWA (UIINEWS): Tidak hanya dihadiri oleh para alumni muda saja, agenda 1001 Alumni Pulang Kampung Fakultas Hukum UII ( FH UII) yang diselenggarakan pada 15 – 16 Muharram 1441 H/ 14 -15 September 2019 juga dihadiri para alumni senior dari dari mulai angkatan 1970 hingga 2018, yang juga hadir dari berbagai daerah diseluruh Indonesia. Pada hari pertama, bertempat di Halaman  Belakang FH , Temu Alumni FH UII juga dihadiri oleh para tokoh seperti Ketua Ikatan Alumni UII, Prof Dr. Mohammad Mahfud MD., S.H., S.U., Ketua Umum Badan Wakaf UII, Drs. Suwarsono, M.A., serta dari jajaran pimpinan tampak hadir Rektor UII Fathul Wahid, S.T., M.Sc., Ph.D., Dekan FH UII, Dr. Abdul Jamil, S.H., M.H. dan beberapa tokoh lainnya. Acara yang dikemas dengan konsep Jogja tersebut  itu juga di isi oleh berbagai penampilan dari beberapa angkatan alumni FH.

Sementara Fathul Wahid dalam sambutannya menyampaikan bahwa UII dikenal masyarakat karena dua hal. Kedua hal tersebut adalah artefak yang meliputi bangunan, proses akademik, teknologi, termasuk publikasi, dan yang kedua adalah seberapa besar kontribusi alumni terhadap masyarakat. “Ketika kedua hal tersebut berkualitas nama universitas akan terangkat dan UII telah membuktikan bahwa alumninya bisa berkontribusi untuk bangsa ini,” ujarnya. Fathul juga menambahkan bahwa UII bisa berkembang seperti saat ini karena tiga hal pokok, Pertama yaitu karena keikhlasan para pendiri yang berasal dari berbagai latar belakang, yang juga merupakan tokoh pendiri bangsa. Salah satu yang dicontohkan adalah Prof. KH. Abdul Kahar Mudzakkir. Selanjutnya karena dukungan dan doa orang-orang sekitar terutama alumni. Dan yang terakhir adalah ikhtiar kecil yang terus dikawal oleh para pimpinan dan jajaran.

Dr. Abdul Jamil, S.H., M.H, Dekan FH  dalam sambutannya menyampaikan bahwa jumlah alumni  yang hadir pada acara 1001 Alukni Pulang Kampung ini telah melewati target, yakni lebih dari 1001 alumni dari berbagai angkatan yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. “Kami bersyukur karena peserta yang hadir melebihi 1001 Alumni, karena itu saya sampaikan terima kasih kepada semua pihak atas dukungan sehingga acara ini dapat berlangsung dengan baik,” ungkapnya. “Kita juga mengadakan jalan santai bersama di Kotagede sebagai bentuk penghargaan terhadap mantan rektor yang juga mantan Dekan FH UII, Alm. Prof. KH. Abdul Kahar Mudzakkir,” imbuh Jamil.

Pada hari kedua, rangkaian acara 1001 Alumni Pulang Kampung dilanjutkan dengan acara Jalan Sehat yang mana start dan Finish bertempat di lapangan Karang, Kota Gede, Yogyakarta. Dr. Abdul Jamil dalam sambutannya menyampaikan bahwa pemilihan tempat di Lapangan Karang ,Kota Gede ini adalah untuk mengenang tokoh pendiri UII, tokoh pendiri Indonesia dan juga mantan Dekan FH UII, yaitu Prof.Dr. KH. Kahar Muzakir yang tinggal di Kota Gede. Ia juga menambahkan, kegiatan santai ini juga tersedia doorprize utama berupa Umroh, sepeda motor, kulkas dan hadiah hiburan lainnya.   ( Nisa’/ Istimewa)