Perpustakaan merupakan jantung dari sebuah perguruan tinggi. Meski sumber-sumber-sumber berbasis online telah banyak tersedia dan lebih mudah diakses, tetap saja perpustakaan memiliki keunggulan dalam melaksanakan kegiatan belajar-mengajar di perguruan tinggi.

Fakultas Hukum UII memiliki koleksi yang cukup besar, yaitu 13.100 judul dengan total 53.852 eksemplar bahan pustaka yang meliputi buku teks, buku referensi, karya ilmiah hasil penelitian, dan terbitan berkala. Koleksi tersebut dapat ditelusuri melalui Online Public Access Catalog (OPAC) dan UII Repository Archive Center (UII-RAC) untuk mempermudah dan mempercepat penelusuran koleksi.

Perpustakaan FH UII merupakan perpustakaan yang terbuka bagi siapa saja, terutama bagi anggota. Semua mahasiswa UII secara otomatis merupakan anggota perpustakaan. Dengan begitu, mahasiswa dapat membaca dan meminjam koleksi, mengadakan penelusuran ilmiah, dan mengajukan usul pembelian buku untuk menunjang proses belajar mengajar.

Peminjaman buku oleh anggota perpustakaan dapat dilakukan dengan mudah, yaitu dengan menunjukkan kartu mahasiswa UII. Anggota dapat meminjam maksimal 4 eksemplar koleksi berupa buku teks dengan lama peminjaman 10 hari. Buku yang dipinjam dapat diperpanjang lagi 1 x 10 hari. Apabila gagal mengembalikan buku sesuai dengan lama peminjaman tersebut, mahasiswa akan dikenai denda sebesar Rp 1000,00 per hari setiap buku. Apabila mahasiswa tidak dapat mengembalikan buku karena hilang atau rusak, maka peminjam diwajibkan mengganti koleksi dengan judul dan pengarang yang sama.

Layanan perpustakaan dibuka pada pukul 08.00 – 16.00 pada hari Senin sampai Sabtu, kecuali hari Jumat, yaitu pada pukul 08.00 – 11.00 dan dibuka lagi pada pukul 13.00 – 16.00. Pada bulan Ramadhan, layanan dibuka hanya sampai pukul 15.00. Perpustakaan FH UII juga membuka pelayanan sampai malam hari pada masa Ujian Tengah Semester maupun Ujian Akhir Semester. Layanan terbagi dalam dua, yaitu sirkulasi dan referensi. Layanan sirkulasi merupakan layanan peminjaman dan pengembalikan buku. Di perpustakaan FH UII layanan ini dilaksanakan secara terbuka, dimana pengunjung dapat mencari koleksi secara langsung. Sedangkan layanan referensi diperuntukkan untuk koleksi yang tidak dipinjamkan, melainkan hanya untuk dibaca di tempat.

Seperti peraturan UII pada umumnya, pengunjung perpustakaan diwajibkan menggunakan pakaian rapi, sopan, dan bersepatu. Peraturan pengunjung perpustakaan lainnya adalah dilarang membawa makanan dan minuman; dilarang merusak koleksi, seperti menyobek atau mencoret bahan pustaka; serta untuk menyimpan tas dan jaket di loker yang telah disediakan. Fasilitas student lounge dapat digunakan untuk mahasiswa FH UII yang tengah mengerjakan Tugas Akhir.
Surat Keterangan Bebas Pustaka merupakan salah satu syarat administrasi untuk berbagai keperluan mahasiswa, seperti pindah kuliah, cuti, akademik, dan wisuda. Mahasiswa dapat mengurus surat keterangan bebas pustaka dengan memenuhi persyaratan, yaitu tidak mempunyai pinjaman buku di perpustakaan dan tidak memiliki tanggungan denda perpustakaan. Bagi mahasiswa yang mengajukan bebas pustaka untuk keperluan wisuda, maka harus juga menyerahkan CD berisi Tugas Akhir dan lampiran dalam format pdf.