Dean Research Grant Batch VI untuk periode Tahun 2019 telah terlaksana dengan baik. Dean Research Grant yang diselenggarakan tiap tahun ini memperebutkan Piala Dekan FH UII. Dr. Abdul Jamil, SH., MH dan Dr. Drs. Muntoha S.H,M.Ag. selaku Dekan dan Wakil Dekan berharap kompetisi ini menjadi budaya bagi para mahasiswa. Hibah penelitian bagi mahasiswa secara khusus diselenggarakan untuk menarik minat dan bakat mahasiswa khususnya dalam pengembangan ide dan gagasan serta kreativitas dalam membuat karya tulis dibidang hukum. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang mengadopsi penelitian PKM-P yang diselenggarakan oleh Kemenristek dengan tujuan untuk membiasakan mahasiswa terlatih dengan teknis yang ada pada penelitian Dikti.

Program dimulai dengan pembuatan proposal penelitian hukum oleh mahasiswa FH UII yang menjadi peserta. Lalu dari kumpulan proposal tersebut di seleksi 5 proposal penelitian terbaik. Selanjutnya tim yang lolos kriteria proposal penelitian terbaik membuat penelitian mereka dan mempresentasikan hasil penelitiannya mereka dihadapan juri, yang terdiri dari Mahrus Ali, SH., MH., Ratna Hartanto, S.H., LL.M., dan Dr. Idul Rishan, S.H., LL.M.

Kegiatan yang berjalan kompetitif tersebut ditindaklanjuti dengan pengumuman hasil penilaian yang telah dilakukan oleh ketiga juri tersebut, yang kemudian pada tanggal 15 November 2019 terdapat penyerahan penghargaan kepada 3 Tim terbaik yang menjadi pemenang dalam kompetisi Dean Research Grant Batch VI ini. Tim terbaik yang mendapatkan peringkat pertama, yaitu Cristi Melin Silitonga, Fatma Reza Zubarit, Kanza Latunhi Rayes dengan judul penelitian “Penegakan Hukum Peraturan Daerah Kota Yogyakarta Nomor 2 Tahun 2015 tentang Penyelenggarakan Reklame terhadap Pemasangan Reklame Illegal di Kota Yogyakarta”.

Selanjutnya diperingkat dua diraih oleh tim terbaik yang terdiri dari Elfian Fauzy, Alghifari Juhadtullah T, dan Ramadina Bella M dengan judul penelitian “ Penguatan Badan Pengawas Pemilihan Umum Melalui Restrukturisasi Peran dan Kedudukan Pemantau Pemilihan Umum” . Kemudian, peringkat ketiga diraih oleh Shilvi Grisminarti Yuninda Rosady, dan Jhodi Putra Hakim dengan judul penelitian “Analisis Pengawasan Pemerintahan terhadap Penyelenggarakan Parkir Liar di Kota Yogyakarta”.

Kegiatan akademik ini diharapkan akan terus berlanjut, sehingga dapat memacu semangat mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia secara terus menerus untuk selalu berkarya dan berkreativitas untuk melakukan penelitian.