Agus Triyanta dan Bagya Agung Prabowo Dosen FH UII Dikukuhkan menjadi Ketua dan Sekretaris Basyarnas Propinsi DIY

Taman Siswa (18/1) Badan Arbitrasi Nasional (Basyarnas) Propinsi DIY bekerjasama dengan Fakultas Hukum UII menyelenggarakan Pemilihan Pengurus Basyarnas Propinsi DIY Sabtu, 18 Januari 2019 di Ruang Siang Utama Lt. 3 Fakultas Hukum UII Jl. Taman Siswa 158 Yogyakarta. Hadir anggota pengurus Basyarnas Pusat  untuk menyaksikan pelaantikan Pengurus Basyarnas Periode 2018-2023.

Agenda pemilihan pengurus yang diselenggarakan tersebut, Basyarnas juga menyelenggarakan Sarasehan Optimalisasi Peran Basyarnas dalam Menyelesaikan Sengketa Ekonomi Syariah. Selain itu Basyarnas mengesahkan nota kesepahaman untuk menyelenggarakan Pelatihan bagi Arbiter dan Mediator Syariah Nasional bekerjasama dengan MUI Pusat dan APPHEISI.

Pada pemilihan pengurus yang diselenggarakan telah memilih Drs. H. Agus Triyanta, M.A., M.H., Ph.D. sebagai Ketua dan Bagya Agung Prabowo, S.H., M.Hum., Ph.D. sebagai sekretaris untuk Basyarnas Wilayah Propinsi DIY Periode 2020-2025  menggantikan Almarhum Dr. Drs. H. Dadan Muttaqien, M.Ag.. Agus Triyanta dalam sambutannya sebagai ketua menyampaikan bahwa ke depan Basyarnas akan mengoptimalkan peranannya sebagian lembaga Arbitrase. Mengingat saat ini yang dinilai mempunyai peran besar adalah Basyarnas Jakarta dan Yogyakarta.

Basyarnas berdiri secara otonom dan independen sebagai salah satu instrumen hukum yang menyelesaikan perselisihan para pihak, baik yang datang dari dalam lingkungan bank syariah, asuransi syariah, maupun pihak lain yang memerlukannya. Bahkan, dari kalangan non muslim pun dapat memanfaatkan Basyarnas selama yang bersangkutan mempercayai kredibilitasnya dalam menyelesaikan sengketa.

Dr. Drs. H. Muntoha, S.H., M.Ag. dalam sambutan mewakili Fakultas Hukum UII mengemukakan bahwa FH akan menjajagi dan mencoba menjalin kerjasama dengan Basyarnas terkait penelitian dan pemagangan mahasiswa. Sementara Kamaludiningrat sebagai Pengurus Basyarnas Pusat menyampaikan kata selamat atas amanah yg diemban, semoga ke depan Basyarnas khususnya Wilayah Kerja Propinsi DIY lebih baik.