Tamansiswa fh (20/02/2020) Sudah menjadi Tradisi sejak lama bagi Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (FH UII) menggelar acara pelepasan bagi para dosen dan tendik yang memasuki masa purna tugas. Dan pada kesempatan ini, Kamis (20/02/2020) Pimpinan FH melepas dua dosen dan satu tendik yang akan memasuki masa pensiun. Mereka adalah Bapak Masyhud Asyhari, S.H., M.Kn., Bapak Sujitno, SH., M.Hum., dan Bapak Fatkhul Hadi. Sedangkan Penghargaan kepada dosen peraih gelar doctor adalah Dr. Nurjihad, S.H., M.H., Dr. Mahrus Ali, S.H., M.H., dan Dr. Sri Hastuti Puspitasari, S.H., M.H. Pada acara ini juga diperkenalkan dosen FH yang baru yaitu Siti Rahma Novikasari, S.H., M.H.

Dekan FH, Dr. Abdul Jamil, S,H M,H, dalam sambutan mengajak kepada hadirin untuk tetap bersyukur karena masih bisa berkumpul di ruang Sidang Utama Lantai 3 FH UII ini dalam rangka pelepasan purna tugas dalam kondisi sehat wal afiat. Selanjut beliau mengucapkan rasa terima kasih yang tiada tara serta berasa berat untuk melepas ketiga bapak yang akan memasuki purna tugas tersebut. Dikatakan bahwa pelepasan ini hanyalah secara formal saja, namun hakekatnya kita masih menjalin tali persaudaraan yang tidak akan terputus.

Atas nama Pimpinan dan segenap civitas akademika FH mengucapkan terima kasih Bapak Masyhud Asyhari SH., M.Kn., Bapak Sujitno, SH., M.Hum., dan Bapak Fatkhul Hadi yang telah berjuang dan mengabdi di FH UII dengan sabar dan penuh dedikasi, semoga menjadikan amal jariah bagi beliau-beliau yang tidak akan terputus hingga akhir nanti, begitu pesan diakhir sambutan Dekan. Walau dalam realitanya kedua dosen kita ini masih diminta untuk tetap mengampu mata kuliah Hukum Agraria dan Hukum Perdata.

Dekan FH UII Dr. Abdul Jamil, S.H., M.H., memberikan sambutan dalam acara pisah sambut dan pemberian penghargaan doktor baru FH UII (foto sar)

Dalam sesi pemberian pesan kesan yang dipandu oleh Bapak Ery Arifudin, S.H., M.H,, Masyhud Asyhari, S.H., M.Kn., yang lebih akrab diipanggil Pak ‘Ud ini membeberkan perjuangan dan perjalanan panjangnya di FH UII. Selama 38 tahun lebih kurang di UII, Beliau sebagai dosen lebih banyak tugasnya di bidang non akademik dibandingkan tugasnya mengajar. Beliau paling jago dalam penanganan pengurusan tanah, khususnya tanah-tanah milik Badan Wakaf UII. Berbagai perssoalan pengurusan tanah yang rumit sekalipun dapat diselesaikan dengan caranya. Begawan Hukum Agraria ini menguasai teori dan praktek pertanahan sekaligus, bak mendarah daging dalam dirinya. Dalam mengajar tidak lagi perlu diktat maupun buku pegangan, semua tersimpan lengkap di memorinya. Bapak pelopor penggerak peran alumni UII ini juga selalu sukses menggelar setiao UII menggelar even, seperti halnya mengadakan temu akbar 5000 alumni. Beberapa kali UII mengundang alumninya pulang kampus di dalamnya tidak lepas dari peran serta Pak Ud ini.

Lain hal dengan Bapak Sujitno, S.H., M.Hum, Beliau dikenal sebagai dosen yang sangat galak di kalangan mahasiswa, namun populer hingga kuota hukum Perdatanya tidak pernah sepi dipilih oleh sebagian besar mahasiswa yang mengambil key in mata kuliah tersebut. Bapak dua putri yang semuanya adalah dokter ini bercerita panjang terkait perjuangannya menjadi dosen di FH UII. Beliau sangat bangga menjadi dosen FH UII, dengan bergabung di FH UII sejak 37 tahun yang lalu banyak kemudahan diperolehnya dalam urusannya di luar UII. Beliau punya spesifikasi khusus dalam mengajar mahasiswa dalam mata kuliah Hukum Perdata dan Hukum adat.

Fatkhul Hadi tendik FH yang memasuki masa purna tugas, Pimpinan mengucapkan banyak terima kasih. Sekalipun Pak Fatul sebagai driver namun beliau juga cekatan membantu pekerjaan-pekerjaan administrasi dikala sedang kosong tidak ada orderan mengantar pimpinan. Rasa handarbeni nya kepada UII sangatlah kental. Semoga ini menjadikan suritauldan bagi tendik-tendik muda lainnya.

Dalam kesempatan pelepasan ini Pimpina juga memberikan penghargaan kepada tiga doktor baru FH UII, ketiganya adalah adalah Dr. Nurjihad, SH., MH., Dr. Mahrus Ali, SH., MH., dan Dr. Sri Hastuti Puspitasari, SH., MH.

Acara pelepasan diisi juga dengan perkenalan dosen baru FH UII, Siti Rahma Novikasari, S.H., M.H. yang akan mengampu mata kuliah Hukum Agraria di Departemen HAN.

Acara yang diawali tepat jam 12.00 wib dan berakhir pukul 15.00 wib ini dihadiri sekitar 150 undangan terdiri dari dosen dan tendik tetap dan kontrak serta para purna tugas FH UII. (sr)