Loading Event

« All Events

  • This event has passed.

Rekruitmen Peserta Uji Coba Tes Situasional: Sangat Cocok untuk Mahasiswa Akhir (min sem 5) atau Calon Lulusan | Selasa, 24 Sept 2019 | Pk. 08.00- 09.30

September 24 @ 8:00 am - 9:30 pm

LINK PENDAFTARAN PESERTA TES [Klik Tautan Ini]


Situational Judgement Test (SJT)/Tes Penilaian Situasional (TPS)

Saat ini, metode seleksi rekruitmen perusahaan dan masuk program studi hanya mengandalkan penilaian kemampuan kognitif. Situational judgement test (SJT) atau Tes Penilaian Situasional (TPS) bertujuan untuk melakukan penilaian mengenai apa yang akan pelamar lakukan bila diberikan situasi tertentu, selain menilai apakah pelamar dapat mendiskusikan situasi tertentu, mereka juga dituntut untuk menunjukkan bahwa mereka dapat mendemonstrasikan kompetensi aktual yang dicari oleh institusi yang akan merekrut mereka. Situational judgement test (SJT) adalah penilaian yang dirancang untuk mengukur penilaian kandidat dalam setting peran yang relevan atau setting kerja.

Dalam beberapa tahun terakhir, penggunaan TPS pada proses seleksi dan penilaian telah digunakan secara luas. Bukti penelitian secara konsisten telah menunjukkan bahwa TPS sebagai alat seleksi, ketika didesain secara tepat, memiliki reliabilitas dan validitas yang baik. Penggunaan TPS dalam proses seleksi mahasiswa kedokteran umum dapat menjadi prediktor kinerja yang lebih baik dibandingkan tes pengetahuan, wawancara terstruktur, tes IQ, kuesioner kepribadian dan pertanyaan pada formulir aplikasi.TPS dengan menggunakan video dilaporkan memiliki validitas lebih tinggi dibandingkan TPS tertulis. TPS dapat menilai berbagai atribut, termasuk mengukur berbagai keterampilan dan sifat, tergantung materi spesifik dari tes. TPS merupakan salah satu metode seleksi terbaik dan tervalid jika dirancang secara tepat, namun metode ini relatif baru, mungkin dapat kurang diterima secara internasional serta dapat menimbulkan bias kultural.

Tes Penilaian Situasional (TPS)/Situational Judgement Test (SJT)

  • Biasa digunakan dalam seleksi atau penempatan jabatan dalam suatu instansi/organisasi/perusahaan dan pelaksanaannya dirancang khusus sesuai kebutuhan setiap instansi/organisasi/perusahaan tersebut.
  • Bertujuan untuk melakukan penilaian mengenai apa yang akan seseorang lakukan bila diberikan situasi tertentu sehingga menunjukkan kemampuannya untuk dapat mendemonstrasikan kompetensi aktual dari aspek yang akan diukur dan dapat menggambarkan keberhasilan bila nantinya ia ditempatkan pada pekerjaan tertentu.
  • Dirancang untuk mengukur penilaian seseorang dalam setting peran yang relevan atau setting
  • Menampilkan skenario (sederhana hingga kompleks) dan sejumlah daftar respons yang mungkin. Peserta tes diminta untuk menyadari situasi yang ada dan membuat penilaian mengenai respon-respon yang mungkin.
  • TPS dapat mendorong peserta tes untuk menggunakan penilaian mereka mengenai perilaku efektif dalam menghadapi situasi tertentu, tidak hanya fokus pada pengetahuan atau keterampilan.

Daftarkan Anda sebagai Pesertanya

Tes Penilaian Situasional yang diselenggarakan oleh Fakultas Hukum UII bekerjasama dengan Pusat Penilaian Pendidikan, Badan Penilaian dan Pengembangan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI akan diselenggarakan pada:

  • Selasa /24 September 2019
  • Pukul 08.00-10.00 WIB
  • di Ruang Sidang Utama Lt. 3
  • Fakultas Hukum UII Jl. Taman Siswa 158 Yogyakarta
  • Fasilitas: Hasil dan evaluasi Tes dan Tubler/termos mungil nan cantik dan snack

Daftarkan Anda melalui link berikut [unduh]

Penutup

Demikian informasi ini disampaikan kepada mahasiswa FH UII dan tentunya manfaat sebesar-besarnya bagi kepentingan pengembangan evaluasi pendidikan. Atas kerjasama dan kemaklumannya diucapkan terimakasih.

 

Detil

Tanggal:
September 24
Waktu
8:00 am - 9:30 pm
Event Category: