Program Studi Hukum Program Magister

Program Magister Hukum Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (MH UII) adalah program Magister Hukum pertama di Jawa Tengah dan DIY yang dikelola oleh PTS, berdiri pada tahun 1994 dengan SK Dirjen Dikti No. 304/DIKTI/Kep/1994 24 November 1994. Sejak pertama kali sistim akreditasi program studi diterapkan di Indondesia, MH UII sudah mendapatkan peringkat tertinggi (A/Unggul) dan sampai saat ini MH UII tetap berada pada peringkat A. Tercatat sebaran asal mahasiwa MH UII berasal dari 100 perguruan tinggi di Indonesia dan sampai saat ini lulusan MH UII telah berkiprah di berbagai bidang strategis terkait hukum dan pemerintahan (Hakim MK, Komisi tingkat Nasional, Guru Besar, Kepala Daerah, Konsultan, LSM).

Tujuan

  • Menghasilkan lulusan yang menguasai teoritis dasar hukum (kriteria intelektual).
  • Menghasilkan lulusan yang memiliki keahlian sesuai kompetensi keilmuannya (kriteria profesional, dalam bidang kajian utama: Hukum Bisnis, HTN/HAN, Hukum dan Sistem Peradilan Pidana, Hukum Ekonomi Islam, Hukum Agraria, Hukum dan HAM, serta Hukum Kesehatan).
  • Menghasilkan lulusan yang memahami perkembangan hukum di kawasan ASEAN (kriteria wawasan global).
  • Menghasilkan lulusan yang berintegritas tinggi berlandaskan nilai-nilai keislaman (kriteria keislaman).

Fasilitas

Ruang kuliah ber AC, serta dilengkapi dengan white board, OHP, LCD Projector, pointer laser, wireless, furniture lux untuk dosen dan mahasiswa. Kondisi ruang kuliah yang representatif tentu sangat menunjang penyelenggaraan Program Magister (S2) Ilmu Hukum UII dan akan memberikan kenyamanan bagi civitas akademika dalam kegiatan proses belajar mengajar. Sebagian ruang kuliah dilengkapi dengan fasilitas video conference.

Program Magister sampai saat ini telah memiliki 5.369 buku dengan 4.233 judul. Literatur asing 1.374 buku dengan 812 judul, dan sisanya adalah literatur berbahasa Indonesia. Di samping itu tersedia juga koran nasional dan lokal; majalah dan jurnal secara berkala. Adapun fasilitas non cetak perpustakaan juga mempunyai 14 CD, 13 buah kaset Video dan 23 kaset Tape Recorder serta CD Rom. Untuk mendukung kelancaran dan kebutuhan literatur secara memadai, mahasiswa Program Magister dapat pula mengakses Perpustakaan dan Referensi Fakultas Hukum UII dengan jumlah koleksi 40.016 buku dengan 9.200 judul, Perpustakaan Pusat UII dengan jumlah koleksi lebih dari 88.000 buku dengan 27.000 judul, serta dapat juga mengakses ke Perpustakaan IAIN Sunan Kalijaga berdasar kerja sama yang telah dilakukan antara UII dengan Departemen Agama . Selain itu untuk pencarian informasi dapat dilakukan melalui jaringan internet di Program Magister Hukum maupun di Laboratorium Komputer Fakultas Hukum. Untuk mendukung segala kebutuhan perpustakaan (perangkat lunak dan keras) yang kondusif bagi civitas akademika, telah direncanakan untuk selalu menambah jumlah literatur (Indonesia dan asing) secara berkala. Melalui internet mahasiswa dapat mengakses informasi-informasi hukum secara luas. Di samping itu saat ini UII telah berlangganan Proquest dan Westlaw yang di dalamnya terdapat ratusan jurnal internasional termasuk jurnal-jurnal hukum yang dapat diakses oleh mahasiswa secara gratis.

Program Magister (S2) Ilmu Hukum secara khusus tidak memiliki laboratorium. Tetapi civitas akademika Program Magister dapat mengakses kebutuhan akan laboratorium (komputer dan bahasa melalui laboratorium Fakultas Hukum UII yang berada di Jl. Tamansiswa 158 Yogyakarta gedung sayap utara lantai II (dua) dan Laboratorium Klinik Hukum (PKBH dan PUSDIKLAT) di Jl. Lawu 3 Kotabaru Yogyakarta untuk kegiatan praktek hukum dan pendidikan hukum klinis. Untuk memperdalam persoalan-persoalan yang berkaitan dengan Hak Asasi Manusia UII juga memiliki PUSHAM (Pusat Studi Hak Asasi Manusia).

Ruang penunjang lain adalah ruang istirahat bagi mahasiswa (Student Lounge), yang dilengkapi dengan beberapa unit dispenser, peralatan makan, minum bagi mahasiswa serta televisi agar mahasiswa dapat mengikuti perkembangan berita sambil relaks. Untuk mendukung kepentingan mahasiswa, penyelenggara program juga menyediakan snack bagi mahasiswa apabila perkuliahan berlangsung sampai malam hari, program menyediaan konsumsi malam hari bagi mahasiswa sehingga waktu tidak banyak terbuang dan proses belajar mengajar dapat berjalan secara efektif.

Lokasi penyelenggaraan Program Magister dilengkapi dengan sarana ibadah berupa Masjid Kampus Al Azhar yang mampu menampung + 200 jamaah, sehingga semua civitas akademika dapat selalu menjalankan ibadahnya dengan tenang dan khusu¿ tanpa perlu ke luar kampus ataupun pulang.

Lokasi penyelenggaraan Program Magister dilengkapi ruang parkir kendaraan yang cukup representatif di dalam komplek bangunan kampus.

Untuk menunjang kemudahan belajar bagi para peserta, di komplek MH UII juga terdapat copy center yang melayani berbagai kebutuhan pen-copy-an berbagai materi kuliah. Pelayanan yang mudah dan cepat akan dilakukan untuk memenuhi kebutuhan para peserta program.

Bekerjasama dengan Cilacs (Centre for International Language and Cultural Studies), Para peserta program yang ingin mendalami bahasa bisa mengikuti berbagai macam paket kursus bahasa Inggris. Disediakan sebuah laboratorium bahasa untuk keperluan tersebut. Untuk keperluan ini, diberlakukan beaya yang terpisah dengan beaya pendidikan Magister Ilmu Hukum UII. Demikian halnya, di sini juga diselenggarakan ujian TOEFL sesuai dengan schedule yang ditetapkan oleh Cilacs. Proses pendaftaran dan keterangan lebih lanjut bisa hubungi staf Cilacs di counter Fakultas Hukum UII.   Internet Bagi peserta program Magister Ilmu Hukum UII, disediakan secara gratis fasilitas internet untuk keperluan belajar. Layanan ini juga dilengkapi dengan koneksi printing yang memungkinkan mahasiswa bisa langsung mencetak berbagai sumber dari internet. Lokasi fasilitas ini terdapat di lokasi perpustakaan MH UII.

Prospek Karir

Sebagai lulusan/alumni dari MH  UII ini mempunyai prospek yang sangat bagus dibidangnya anatara lain yaitu sebagai Akademisi, Praktisi maupun Pegiat Masyarakat.

Gelar & Strata
M. H. – Magister (S2)
Durasi Studi
4 semester (perkiraan studi penuh waktu)
Kampus
Program Pascasarjana
Fakultas Hukum UII
Jalan Cik Ditiro No. 1 Yogyakarta
Telp: (0274)-520661/HP. 081904281661
Akreditasi
Akreditasi Nasional :
❯ BAN-PT No. 1756/SK/BAN-PT/Akred/M/VIII/2016

Informasi Penerimaan
Mahasiswa Baru UII

(0274) 898444 Ekstensi 1234